Ikut SNMPTN 2012

Kartu Ujian SNMPTN 2012 (Dok. Pribadi)

SETELAH hampir satu tahun tidak mengenyam pendidikan, saya berniat melanjutkan pendidikan ke universitas. Saya terlebih dahulu diberi saran oleh dua teman SMP-ku yang tahun lalu diterima di UGM lewat jalur SNMPTN--Andi Nugroho (FKT 2011) dan Rian Gusman Widagdo (FK 2011). Saya pun diberi motivasi dan arahan supaya dapat mengikuti SNMPTN. Saya sudah memantapkan diri untuk memilih Universitas Gadjah Mada dengan pilihan pertama Jurusan Ilmu Komunikasi dan pilihan kedua Jurusan Sastra Indonesia.


Foto di depan ruang ujian (Dok. Pribadi)

Belajar di tempat kerja (Dok. Pribadi)

Senin, 11 Juni 2012 saya bersama beberapa teman SMK (Riyantiningsih dan Dwi Ketiani) yang juga ikut SNMPTN dijadwalkan melihat lokasi ujian. Ada beberapa kejadian unik, saya terpisah dari mereka atau hilang di perjalanan menuju lokasi ujian saya, di Universitas Negeri Yogyakarta. Lokasi ujian saya berbeda dengan lokasi ujian kedua teman saya tadi. Saya ujian di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta, mereka ujian di Diploma 3 Ekonomi Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada.

Selasa, 12 Juni 2012 adalah hari pertama ujian SNMPTN. Untungnya saya sudah mempersiapkannya jauh hari. Saya sudah belajar dari kumpulan soal SNMPTN tahun-tahun sebelumnya. Saya sampai menempel rumus-rumus dan ringkasan materi di dinding kamar. Nah, saat ujian dimulai, hampir 75% apa yang aku pelajari tidak muncul di soal. Malah saat ujian TPA saya kehabisan waktu hingga hanya mampu sampai soal ke 45 dari 75 soal. Astaga! Saat ujian kemampuan dasar pun hampir semua soal matematika saya jawab berdasarkan feeling. Semua soal saya isi.

Lokasi ujian (Dok. Pribadi)
Rabu, 13 Juni 2012 adalah hari kedua ujian SNMPTN. Ujian saya hari ini adalah IPS. Ada yang bilang kalo tanggal 13 itu pasti sial. Nah, saya dapat kesialan di pagi hari. Saya mengira ujian diadakan pukul 8 seperti hari pertama. Namun, ternyata saya datang kepagian! Alamak! Saya datang pukul 7 pagi sedangkan di kartu ujian dijadwalkan pukul 10.30 pagi. Betapa rajinnya saya. Ini akibat tidak membaca jadwal secara teliti. Tapi hari ini tidak sepenuhnya sial. Karena ternyata ada seorang cewek yang bernasib sama dengan saya. Dia juga datang kepagian. Setelah kita ngobrol mengenai SNMPTN akhirnya kita menunggu pukul 10.30 sambil belajar bersama. Saya meminjam bukunya yang terbitan Newtron Yogyakarta. Saya berhasil melahap buku itu. Ternyata apa yang aku pelajari pagi itu sebagian besar muncul di soal SNMPTN IPS. Terima kasih untuk seorang perempuan yang telah meminjami saya buku yang bermanfaat. Dan terima kasih untuk menemani waktu menungguku pagi itu. Sayang, saya tidak mengetahui nama cewek itu.

Pengumuman di laman (Dok. Pribadi)

Jumat, 6 Juli 2012
Adalah hari pengumuman SNMPTN Jalur Ujian Tulis dimulai pukul 19.00 WIB. Saya akhirnya diterima di Universitas Gadjah Mada Jurusan Sastra Indonesia. Terima Kasih Ya Allah .... (Achmad Muchtar)

Pengumuman di koran (Dok. Pribadi)

UGM (http://www.mappijatim.or.id/)


Baca juga:  PPSMB UGM 2012: Palapa

Komentar