Akankah Kita Berjumpa Lagi?

(http://impawards.com)
Judul film: Before Sunrise
Negara: Amerika Serikat
Tahun: 1995
Sutradara: Richard Linklater
Pemain: Ethan Hawke dan Julie Delpy

Durasi: 105 menit
Nilai: 5/5

SUDAH LAMA SEKALI saya ingin menonton film yang menurut para kritikus film bagus dan keren. Nah, pada suatu siang yang bolong di mana saya sedang santai-santai saat minggu tenang dengan tugas-tugas kuliah yang mengantri untuk dikerjakan, entah mengapa saya tiba-tiba kepikiran untuk membuka folder film dan melirik film Before Sunrise (1995). Saya pun menontonnya.

Bagi orang yang sudah lama sekali tidak menonton film, tetapi membaca buku, menonton film ini merupakan sesuatu momen yang ajaib, karena memang film ini tidak mengecewakan, malah saya berani memberi nilai sempurna untuk film ini. Ceritanya memang lumayan sederhana, sesederhana mencari ide menulis cerpen dalam lima menit. Ceritanya tentang pertemuan tidak sengaja Jese (Ethan Hawke) dengan Celine (Julie Delpy) di kereta. Mereka akhirnya terlibat perbincangan yang berlanjut hingga di luar kereta. Banyak sekali yang mereka bicarakan hingga mereka menemukan ikatan yang membuat mereka tetap terus bersama walaupun esok harinya mereka harus berpisah.

Celine: You don't want to see me again?
Jesse: No, of course I do. If somebody gave me the choice right now of to never see you again or to marry you, I would marry you

Ini adalah kisah mengenai dua orang manusia yang sama-sama sendiri, tidak mengenal satu sama lain, dan di tempat yang asing. Mereka menghabiskan sisa-sisa waktu yang singkat dengan terus berbicara. Ikatan keduanya berlanjut makin mesra dan intim. Mereka pun menyadari bahwa betapa langkanya bertemu dengan seseorang yang tiba-tiba langsung klop saat berbincang-bincang. Hingga waktu yang harus memisahkan mereka dan mereka ragu apakah mereka masih akan bisa berjumpa lagi?

Film yang sangat bagus untuk sebuah film yang sederhana. Maksud saya sederhana di sini adalah minim aktor dan spesial efek--bahkan tidak ada spesial efek di film ini. Saya sangat suka dengan akting kedua pemainnya. Ikatan kimia mereka sangat solid di film ini. Natural dan membuat mata tak bosan karena senyum Julie Delpy yang menawan. Kisah mengenai seseorang yang tiba-tiba bisa nyambung diajak ngobrol bareng ini sangat menarik dan mungkin pernah dialami oleh sebagian besar manusia di dunia.

Jesse: People always talk about how love is this totally unselfish, giving thing, but if you think about it, there's nothing more selfish.

Film ini memang sangat menghibur dan layak ditonton oleh pasangan atau para lajang yang sedang gundah dan rindu akan keromantisan sebuah tontonan. Film ini sangat bagus dan romantis, tetapi bagi mereka yang terbiasa menonton film yang penuh adegan aksi, saya sarankan jangan menonton film ini karena film ini hanya berisi perbincangan saja. (Achmad Muchtar)

Di kereta (http://reverseshot.com)

Ngobrol bareng (http://slate.com)

Telepon-teleponan (http://adventureamigos.net)

Komentar