Perjuangan Luar Biasa Seorang Nelayan Tua

(http://althesia.blogspot.com/)
Judul buku: Lelaki Tua dan Laut
Judul asli: The Old Man and the Sea
Penulis: Ernest Hemingway
Penerjemah: Yuni Kristianingsih Pramudhaningrat
Cetakan: II, Juli 2009
Penerbit: Serambi
Tebal: 145 halaman
ISBN: 978-979-024-147-3


Ada lelaki tua, sangat tua dan renta. Dia adalah nelayan di Amerika Tengah. Ada juga seorang anak lelaki. Anak lelaki itu menemani lelaki tua itu berlaayar mencari ikan. Berpuluh-puluh hari mereka tidak mendapatkan apa-apa hingga akhirnhya anak lelaki itu berlayar dengan kapal lain. Lelaki tua itu sendiri. Dia berusaha dengan gigih mencari ikan. Dia berusaha sekuat sisa-sisa tenaganya untuk mencari ikan. Lelaki tua itu telah berusaha dengan sekuat tenaga hingga ia mendapat ikan yang besarnya hampir setara dengan perahunya. Karena dia berlayar terlalu jauh, rintangan membawa beban berat pun datang silih berganti. Lelaki tua yang malang dan patut dipuji kegigihannya dalam menaklukkan laut.


 "Manusia bisa dihancurkan, tapi tak bisa ditaklukkan." (hlm. 113)

Saya sangat suka sekali dengan cerpen ini. Sebuah karya sastra karya Ernest Hemingway yang mendapat Pulitzer Prize. Cerpen (ada juga yang menyebutnya novela karena saking panjangnya untuk sebuah cerpen) ini telah mengantarkan Hemingway kepada puncak ketenaran sebagai salah seorang penulis papan atas Amerika. Menurut para kritikus sastra, inilah karya masterpiece Ernest Hemingway. Berkat popularitasnya pula, telah beberapa kali cerpen ini diangkat ke layar lebar. 

Kebetulan ini adalah novel Ernest Hemingway pertama yang saya baca. Ceritanya ringan, sangat ringan untuk sebuah mahakarya. Namun, di balik keringanannya, novel ini mempunyai alur yang runtut dan cerita perjuangan tak kenal putus asa yang sangat menarik untuk disimak. Rasa simpati saya muncul melalui karakter dari Lelaki Tua. Dia tak kenal putus asa, selalu optimis, dan selalu melawan walau tubuhnya telah renta. Bertubi-tubi dia disuguhkan pada bahaya dan musuh. Dia tak gentar sedikit pun. Dia terus melawan demi sesuatu yang dia idam-idamkan bersama anak lelaki tua itu. Dia tahu bahwa dengan cara membuktikan bahwa ia bisa menangkap ikan besar, ia akan dapat berlayar lagi dengan anak lelaki itu. Sebuah cerita perjuangan yang sangat menyentuh dan mengharukan. Novel ini sangat bagus dan cocok dibaca oleh semua lapisan dan umur. (Achmad Muchtar)

Komentar